Penyebab Erosi Tanah

Diposting oleh admin on Minggu, 16 Maret 2014

Penyebab Erosi Tanah dan dampaknya - Pengertian erosi adalah suatu proses pengikisan padatan yaitu sedimen, tanah, batuan, dan partikel lainnya yang diakibatkan karena karakteristik hujan, transportasi angin, air atau es, creep pada tanah, material lain dan oleh makhluk hidup.

Faktor Penyebab Erosi Tanah

Iklim
Iklim karena menentukan indeks erosifitas hujan, komponen iklim yaitu curah hujan dapat mempengaruhi laju erosifitas secara terus menerus sesuai intensitas hujan yang terjadi.

Topografi
Penyebab erosi tanah karena Topografi karena suatu wilayah dapat mempengaruhi kemampuan tanah terbawa air erosi, contoh kondisi wilayah yang terjadi secara cepat adalah wilayah yang memiliki kemiringan lereng yang cukup besar. Sedangkan pada wilayah yang landai akan kurang intensif laju erosifitasnya, karena lebih cenderung untuk terjadi penggenangan.

Tanah
Sedang tanah dengan sifat-sifatnya itu dapat menentukan besar kecilnya laju pengikisan (erosi) dan dinyatakan sebagai faktor erodibilitas tanah (kepekaan tanah terhadap erosi atau ketahanan tanah terhadap adanya erosi).

Manusia
Penyebab erosi tanah karena manusia banyak melakukan kesalahan seperti penambangan, eksploitasi hutan, pengerukan tanah, dan lain sebagainya.

Pohon atau Tanaman Penutup Tanah
Tanaman penutup tanah (vegetasi) juga berperan untuk memperbaiki susunan tanah dengan bantuan akar-akar tanaman / pohon yang menyebar. Selain itu berperan untuk menjaga agar tanah lebih aman dari percikan-percikan yang terjadi akibat jatuhnya air hujan ke permukaan tanah.

Dampak Erosi Tanah

Setelah mengetahui Penyebab Erosi Tanah maka kita akan membahas mengenai Dampak Erosi Tanah yaitu dapat menyebabkan terbentuknya struktur topologi baru karena perpindahan partikel tanah yang berakibat produktivitas dan kesuburan lahan menjadi berkurang, kadar air dan mineral juga berkurang sehingga sulit dilakukan aktivitas pertanian pada lahan. Selain itu erosi tanah juga dapat memakan korban jiwa, seperti tanah longsor.

Kita sudah memiliki masalah perubahan iklim dan pemanasan global, tentunya tidak ingin menambah masalah lain lagi. Sudah saatnya kita semua perlu memahami konsep erosi tanah, dan memulai konservasi tanah & pengendalian erosi.

Penyebab Erosi Tanah 0 komentar add one

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.