Contoh Pengumuman Sekolah Dasar Smp

Diposting oleh admin on Senin, 10 Maret 2014

Contoh Pengumuman Sekolah Dasar Smp - Terdapat banyak sekali jenisnya diantaranya adalah contoh surat pengumuman libur sekolah, lomba kerja bakti serta contoh pengumuman sekolah dalam bahasa inggris yang pada intinya adalah merupakan suatu informasi yang disampaikan kepada seseorang, umum, lembaga, siswa-siswi atau kelompok tertentu dengan maksud dan tujuan untuk menyampaikan informasi tersebut supaya diketahui.

Contoh Pengumuman Sekolah Dasar Smp yang baik yaitu dengan menggunakan bahasa yang singkat, padat dan mudah dipahami isinya olah siswanya. Yang dimaksud dengan bahasa yang singkat adalah bahasa tersebut ringkas, tidak berbelit-belit. Selain itu juga harus padat, maksudnya ada keterpaduan antar paragraf, terdapat hubungan erat antara kalimat satu dengan lainya dalam sebuah paragraf.

Bagian-bagian Surat Pengumuman Sekolah Dasar Smp atau Umum

1. Kop surat
Kop atau kepala surat berisi keterangan lembaga atau organisasi yang mengeluarkan surat pengumuman.

2. Nomor surat
Nomor surat berhubungan dengan proses pengarsipan. Selain itu, nomor surat juga dapat digunakan untuk melacak surat-surat tertentu. Misalnya, surat pengumuman kenaikan jabatan diawali dengan kode A dan surat pengumuman cuti bersama diawali dengan kode Z.

3. Tanggal
Tanggal surat pada surat pengumuman merupakan tanggal pembuatan surat, bukan tanggal pengumuman.

4. Hal dan lampiran
Bagian ini bisa dicantumkan dan bisa juga tidak. Hal atau perihal berisi garis besar surat. Sedangkan lampiran berisi lembaran lain yang dikirimkan bersama dengan surat.

5. Tujuan surat
Tujuan surat memuat informasi kepada siapa surat akan ditujukan. Apabila ditujukan hanya untuk satu orang, tulis nama lengkap dan alamatnya. Apabila ditujukan untuk lebih dari satu orang, cantumkan juga satu persatu nama dan alamat mereka.

6. Isi
Bagian isi merupakan bagian inti. Bagian isi merupakan bagian pokok yang hendak disampaikan dalam surat.

7. Tembusan
Tembusan bisa disertakan bisa pula tidak. Tembusan ditujukan pada orang atau pihak yang berkaitan dengan surat pengumuman.

Contoh Pengumuman Sekolah Dasar

Pengumuman

Diberitahukan kepada seluruh siswa kelas 4, 5, dan kelas 6 SD Nusantara, bahwa SD Nusantara akan mengadakan pelatihan Dokter Kecil. Setiap kelas wajib mengirimkan lima orang wakil untuk mengikuti pelatihan dokter kecil. Pelatihan akan dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 Maret 2014 di gedung serbaguna SD Nusantara.  Peserta akan mendapatkan seragam dan sertifikat.

Bagi siswa yang akan mengikuti pelatihan dokter kecil harap mendaftarkan diri di kantor guru. Pendaftaran paling lambat tanggal 20 Maret 2014

Jakarta, 1 Maret 2014
Kepala Sekolah


Contoh Pengumuman Sekolah Smp

Pengumuman

Diberitahukan kepada seluruh siswa SMP Nusantara, dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei 2014, sekolah SMP Nusantara akan melaksanakan Upacara. Sehubungan dengan hal itu, semua siswa diharapkan hadir di halaman sekolah tepat pukul 07.00 WIB mengenakan pakaian seragam merah-putih.


Jakarta, 25 Maret 2014
Kepala Sekolah


Contoh Surat Pengumuman Sederhana Sekolah

Pengumuman

Diberitahukan kepada seluruh siswakelas XI SMA Nusantara yang sudah terdaftar untuk mengikuti tour ke Bali dimohon hadir pada:

Hari: Sabtu
Tanggal: 
25 Maret 2014

Waktu: pukul 10.00 WIB
Tempat: Aula SMA Nusantara

Seluruh siswa harap datang tepat waktu karena akan dijelaskan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan selama tour.


Jakarta, 20 Maret 2014
Tata Usaha Sekolah


Contoh Pengumuman Kerja Bakti

Pengumuman

Diberitahukan kepada seluruh siswa SMP Nusantara akan mengadakan kegiatan kebersihan lingkungan sekolah. Kegiatan akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 5 Maret 2014. Semua siswa diwajibkan membawa peralatan kebersihan.

Jakarta, 1 Maret 2014
Kepala Sekolah

Contoh Pengumuman Sekolah Dasar Smp 0 komentar add one

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.