Efek Samping Minum Kunyit Setiap Hari

Diposting oleh admin on Senin, 17 Maret 2014

Efek Samping Minum Kunyit Setiap Hari - Berikut ini adalah beberapa efek samping kunyit bagi tubuh yang selain memberikan manfaat yang telah digunakan sejak dulu sebagai obat tradisional untuk kesehatan diantaranya adalah berguna untuk meringankan berbagai keluhan dan penyakit karena kandungan kunyit yaitu mengandung curcumin.

Selain efek samping minum kunyit setiap hari terutama jika digunakan dengan cara yang salah, juga terdapat beberapa manfaat kunyit diantaranya adalah memiliki efek anti-inflamasi, antioksidan, melindungi hati, dan membantu pencernaan lemak dengan meningkatkan produksi empedu, memberi perlindungan terhadap serangan jantung dan stroke dengan mengurangi pembentukan bekuan darah.

Meskipun menawarkan banyak manfaat kesehatan, ternyata kunyit juga dapat menimbulkan efek samping terutama jika digunakan dengan cara yang salah, berikut adalah lima efek samping kunyit dan bagaimana cara efektif menghindarinya.

Efek samping minum kunyit setiap hari jika digunakan dengan cara yang salah

1. Mengalami Gangguan lambung

Mengonsumsi kunyit dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan gangguan lambung, karena sifat pedas yang dimilikinya, Untuk membantu menghindari efek samping kunyit ini maka saat memilih suplemen kunyit maka pilihlah yang menggunakan lapisan enterik (enteric coating) dimana suplemen larut di usus kecil sehingga tidak mengganggu lambung.

2. Susah diserap tubuh

Efek samping kunyit memiliki kecenderungan susah diserap oleh tubuh maka jika anda hendak membeli suplemen kunyit, maka pastikanlah memilih suplemen yang mengandung piperin sebagai salah satu bahan aktif. Karena Piperin akan membantu mempermudah penyerapan kunyit sehingga tubuh akan mendapatkan manfaat maksimal.

3. Merangsang rahim

Bagi wanita hamil dan ibu menyusui maka perlu berhati-hati untuk tidak menggunakan kunyit terlalu banyak. Efek samping minum kunyit setiap hari karena kunyit dikenal sebagai stimulan rahim yang dapat mendorong aliran menstruasi.

4. Mengalami Perdarahan

Efek samping kunyit ternyata juga dapat memicu perdarahan, kunyit diketahui dapat menghambat penggumpalan trombosit yang berakibat dapat mencegah penggumpalan darah. Penting untuk mengambil dosis yang tepat yaitu saat memilih suplemen kunyit, pilih produk yang terdaftar serta mengandung nutrisi alami tambahan. Penting jika Anda sedang menggunakan obat antikoagulan maka perlu untuk menghindari kunyit.

5. Menurunkan efek kemoterapi


Hasil penelitian menyebutkan bahwa terdapat efek samping kunyit terhadap penderita yang sedang kemoterapi, sehingga disarankan bagi Anda yang sedang menjalankan kemoterapi untuk tidak mengonsumsi kunyit.

Nah, Efek samping minum kunyit setiap hari tersebut terjadi jika digunakan secara berlebihan. Padahal kunyit merupakan salah satu jenis tanaman obat yang memiliki manfaat selama kita mengkonsumsinya secara bijak.

Efek Samping Minum Kunyit Setiap Hari 0 komentar add one

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.