Contoh Surat Pembaca di Koran Kompas

Diposting oleh admin on Rabu, 12 Maret 2014

Contoh Surat Pembaca di Koran Kompas - Berikut ini adalah beberapa contoh surat pembaca di koran kompas, namun sebelumnya kita juga perlu mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis surat pembaca antara lain sebagai berikut ini.

Panduan Cara Membuat Surat Pembaca
  • Berupa permasalahan akan sesuatu serta usul atau saran terhadap sesuatu.
  • Berupa tanggapan terhadap suatu permasalahan.
  • Tidak bersifat rahasia, karena isi  surat diketahui oleh masyarakat banyak.
  • Ditulis dengan bahasa yang sopan, jelas dan komunikatif.
Contoh Surat Pembaca di Koran Kompas
Contoh Surat Pembaca di Koran Kompas
Contoh Surat Pembaca di Koran Kompas
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam cara membuat surat pembaca
  1. Struktur susunan surat pembaca untuk alamat tujuan surat pembaca tidak ditulis dalam bagian tersendiri namun secara tersirat dapat diketahui ditujukan kepada siapa.
  2. Gaya bahasa beragam, ada surat pembaca dengan gaya mempertanyakan, menyindir, mengimbau, bahkan ada yang menulis surat pembaca berbentuk puisi atau anekdot.
  3. Kesantunan gaya penyampaian entah itu kritikan, pertanyaan, usulan atau apa pun isinya sebaiknya disampaikan dengan penuh kesantunan agar tidak menyebabkan ketersinggungan pihak yang dituju.
Contoh Surat Pembaca di Koran Kompas
Contoh Surat Pembaca di Koran Kompas
Contoh Surat Pembaca di Koran Kompas
Langkah-langkah cara menulis surat pembaca
  • Menentukan Hal-hal Pokok dalam Surat Pembaca yang ada menyangkut  jawaban dari: apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana
  • Menentukan Permasalahan/Usulan/Saran yang Akan Disampaikan dalam Surat Pembaca. Hal itu dapat berwujud rasa terima kasih, kritikan, pujian, celaan, hinaan, permohonan, penjelasan, dll.
  • Menulis dan Menyunting Surat Pembaca, Buatlah surat pembaca itu dalam bentuk permohonan maaf dan ucapan terima kasih sesuai dengan pengalamanmu!
Contoh Surat Pembaca di Koran Kompas

Banjarnegara, 1 Oktober 2012
Yth. Redaksi Suara Merdeka
Jalan Kaligawe

Assalamu’alaikum wr.wb.
Jalan raya yang menghubungkan wisata Waduk Merican dengan kecamatan Wanadadi kabupaten Banjarnegara rusak parah karena membentuk kubangan. Khususnya adalah desa Kincang kecamatan Rakit sehingga banyak pengendara sepeda motor dan masyarakat setempat yang menginginkan untuk segera diperbaiki. Sebab jalan yang membentuk kubangan yang hampir memenuhi separuh badan jalan untuk segera diperbaiki jalan tersebut. Mohon Kepala Dinas Pekerja Umum Kabupaten Banjarnegara hendaknya memperbaiki jalan tersebut.
Wasalamu’alaikum wr.wb.

Anggra
Banjarnegara, Jawa Tengah

Contoh Surat Pembaca di Koran Kompas 0 komentar add one

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.