Manfaat Gambir Bagi Kesehatan

Diposting oleh admin on Selasa, 04 Maret 2014

Manfaat Gambir Untuk Kesehatan
Manfaat Gambir Untuk Kesehatan
Berikut ini adalah beberapa manfaat gambir bagi kesehatan untuk wanita wajah siam sakit maag lambung diabetes jerawat kecantikan dan juga sebagai obat herbal tradisional untuk berbagai jenis penyakit.

Gambir merupakan suatu getah yang berasal dari tanaman gambir (Uncaria Gambir Roxb). Setelah mengalami proses pengekstrakan maka bentuk gambir akan seperti kue kering dengan warna putih, kuning, atau kecokelatan seperti yang pada gambar.

Manfaat Gambir Bagi Kesehatan

Gambir dapat dipergunakan sebagai obat herbal. Hampir seluruh produk gambir memang diolah terlebih dahulu, olahan ini dinamakan sebagai gambir, betel bite, atau plan masalah. Kegunaan gambir yang utama adalah sebagai bahan untuk menyirih dan sudah dikenal masyarakat indonesia mulai dari Sumatra hingga Papua sejak 2500 tahun yang lalu.

Manfaat gambir juga dapat merangsang keluarnya getah empedu sehingga membantu kelancaran proses di perut dan usus. Manfaat Gambir Bagi Kesehatan yang lain adalah sebagai campuran obat, seperti obat sakit kepala, obat luka bakar, obat disentri, obat diare, obat sariawan, obat kumur-kumur, serta obat sakit kulit (dibalurkan); penyamak kulit; dan bahan pewarna tekstil.

Fungsi gambir yang sedang dikembangkan juga adalah sebagai perekat papan partikel atau kayu lapis . Produk ini masih harus bersaing dengan sumber perekat kayu lain, seperti kulit kayu Schinopsis balansa, kulit kayu Acacia mearnsii, serta kulit polong Caesalpinia spinosa yang dihasilkan negara lain.

Kandungan gambir

Kandungan yang utama oleh banyak anggota Uncaria lainnya adalah flavonoid (terutama gambiriin), katekin (sampai 51%), zat penyamak (22-50%) serta sejumlah alkaloid (seperti gambirtannin dan turunan dihidro- dan okso-nya. Selain itu khasiat gambir dapat dijadikan obat-obatan modern yang diproduksi negara jerman, dan juga sebagai pewarna cat atau pakaian.

Manfaat Gambir Bagi Kesehatan 0 komentar add one

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.