Panduan Cara Membuat Surat Pembaca

Diposting oleh admin on Rabu, 12 Maret 2014

Panduan Cara Membuat Surat Pembaca - Berikut ini terdapat beberapa tips dan panduan cara membuat surat pembaca yang telah dikembangkan dari beberapa sumber yang didapat dari internet dan telah disimpulkan.

Tips Cara Membuat Surat Pembaca

Tentukan Tema atau Fokus Keluhan Anda
Pastikan anda memiliki tema atau keluhan yang jelas menyangkut persoalan yang anda, siapa pihak yang anda keluhkan dan apa tuntutan anda harus jelas. Jangan lupa, berikan judul yang menarik sesuai dengan tema.

Gunakan bahasa yang lugas dan tidak bertele-tele
Gunakanlah Bahasa Indonesia yang singkat, padat, dan jelas tak bisa ditawar lagi, karena ruang tulisan pada rubrik surat pembaca sangat terbatas. Usahakan tulisan tidak bertele-tele atau langsung pada persoalan.

Panjang alinea atau paragraf 
Ketentuan banyaknya alinea di setiap majalah, tabloid, koran dan media lainnya memang berbeda-beda. Namun pada umumnya panduan cara membuat surat pembaca adalah 3 hingga 5 alinea saja.

Buat surat pengantar
Ada baiknya Anda membuat surat pengantar dengan isi menjelaskan tentang Surat Pembaca sebagai surat lampiran. Contoh isi surat pengantar secara ringkas adalah sebagai berikut : 

Bersama ini kami kirimkan tulisan berjudul : “ (tuliskan judulnya) ” untuk dimuat di Rubrik Surat Pembaca media cetak yang Bapak/Ibu Pimpin. Semoga Surat Pembaca kami ini dapat dipublikasikan di media cetak Bapak/Ibu. Atas bantuan yang diberikan, kami menyampaikan terima kasih. Jangan lupa cantumkan nama lengkap sesuai KTP, Alamat, serta Nomor Telp/HP Anda yang bisa dihubungi.

Baca, teliti dan edit kembali
Setelah proses penulisan Surat Pembaca selesai, langkah selanjutnya adalah kembali membaca surat tersebut dan jangan buru-buru untuk mengirimnya.

Lampirkan salinan identitas diri
Jika kita buka media cetak, di halaman opini atau pun di bawah box susunan redaksi media massa, selalu dicantumkan informasi agar setiap pengirim Surat Pembaca melampirkan fotokopi identitas diri. Anda dituntut untuk taat dalam memenuhi ketentuan ini.

Kirim pada alamat redaksi media yang dituju
Anda bisa mengirimkan surat kepada redaksi yang mengasuh rubrik Surat Pembaca. Biasanya redaksi Surat Pembaca juga mengelola halaman Opini. Alamat Redaksi media cetak selalu dicantumkan di box susunan redaksi, masing-masing media.

Pantau pemuatan Surat Pembaca
Setelah mengirimkan Surat Pembaca ke redaksi media cetak, tinggal menunggu pemuatan atau penerbitannya di media cetak yang kita kirim. Jangan berharap redaksi akan memberitahu Anda untuk pemuatan Surat Pembaca.

Coba lagi dan jangan putus asa
Panduan cara membuat surat pembaca - Bila tulisan Anda belum atau tidak dimuat, jangan berputus asa. Kirim ulang surat Anda atau pilih media massa lain.

Dokumentasikan dan Tunggu Jawaban
Arsipkan Surat Pembaca yang telah dimuat di media massa dan tunggu pihak yang Anda keluhkan menjawab melalui media massa yang sama.

Panduan Cara Membuat Surat Pembaca 0 komentar add one

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.