10 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat Dan Konsentrasi

Diposting oleh admin on Rabu, 02 April 2014

10 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat Dan Konsentrasi - Apabila anda atau anak anda ingin meningkatkan daya ingat dan konsentrasi cemerlang cobalah untuk memperhatikan kebutuhan gizi dan nutrisi untuk kecerdasan otak dan konsentrasi. Ada baiknya mengkonsumsi 10 makanan yang dapat meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak terbaik berikut ini.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang disebut dengan "Brain Food" yang diyakini dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak, memperbaiki fungsinya, serta makanan yang dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi berpikir anak-anak maupun dewasa.

1. Telur Ayam
Kandungan Telur dikenal sebagai sumber penting protein, pada bagian kuning telur ternyata padat dengan kandungan kolin, yaitu suatu zat yang dapat membantu perkembangan memori atau daya ingat.

2. Ikan Salmon
Kandungan ikan salmon adalah merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3 - DHA and EPA - yang keduanya sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi asupan asam lemak lebih banyak memiliki pikiran lebih tajam dalam uji kemampuan kecerdasan otak. Menurut para ahli selain ikan salmon yaitu ikan tuna yang juga mengandung asam omega-3, tetapi ikan tuna tidaklah sekaya ikan salmon.

3. Selai kacang
Makanan yang dapat meningkatkan daya ingat selanjutnya adalah Kacang tanah (peanut) dan selai kacang yang merupakan salah satu sumber vitamin E yang merupakan antioksi yang dapat melindungi membran-membran sel saraf. Vitamin E bersama thiamin dapat membantu otak dan sistem saraf dalam penggunaan glukosa untuk kebutuhan energi.

4. Oat atau Oatmeal
Oat adalah merupakan makanan jenis sereal yang kaya akan nutrisi penting bagi otak yang dapat menyediakan energi atau bahan bakar untuk anak-anak disaat mengawali aktivitasnya di pagi hari.  Kandungan oat yang kaya akan kandungan serat, oat akan menjaga otak anak terpenuhi kebutuhannya di sepanjang pagi. Kandungan Oat adalah sumber vitamin E, vitamin B, potassium dan seng yang berfungsi membuat tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas penuh.

5. Gandum murni

Makanan yang dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi yaitu Gandum murni yang memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan suplai atau sediaan glukosa dari tubuh yang sifatnya konstan. Kandungan serat yang terkandung dalam gandum murni dapat membantu mengatur pelepasan glukosa dalam tubuh. Kandungan Gandum juga mengandung vitamin B yang berfungsi memelihara kesehatan sistem saraf.

6. Buah Berry

Beberapa buah seperti Strawberry, cherry, blueberriy dan blackberry semakin kuat warnanya maka semakin banyak nutritisi yang di kandungnya. Buah Berry mengandung antioksidan kadar tinggi, khususnya vitamin C, yang berfungsi mencegah kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi ekstrak blueberry dan strawberry mengalami perbaikian dalam fungsi daya ingatnya. Biji dari buah berri ini juga ternyata kaya akan asam lemak omega-3.

7. Sayuran berwarna
Beberapa sayuran seperti Tomat, ubi jalar merah, labu, wortel, bayam adalah  sayuran yang kaya nutrisi dan sumber antioksidan yang akan membuat sel-sel otak kuat dan sehat.

8. Kacang-kacangan
Kandungan Kacang memiliki energi yang berasal dari protein serta karbohidrat kompleks, serta kandungan serat, vitamin dan mineral. Kacang makanan yang baik untuk otak karena dapat mempertahankan energi  dan kemampuan berpikir anak-anak yang pada puncaknya pada sore hari jika dikonsumsi saat makan siang.

Menurut hasil penelitian yaitu kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asal lemak omega 3 daripada jenis kacang lainnya, khususnya  ALA, jenis asal omega-3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak .

9. Daging sapi tanpa lemak

Daging sapi tanpa lemak adalah merupakan sumber makanan yang mengandung banyak zat besi jenis mineral esensial yang akan membantu anak-anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolah. Daging sapi juga mengandung mineral seng  yang dapat membantu memelihara daya ingat. Dengan mengonsumsi 1 ons per hari, maka tubuh Anda akan terbantu dalam penyerapan zat besi dari sumber lainnya.

10. Susu dan Yogurt
Kandungan makanan dari produk susu ini mengandung protein dan vitamin B tinggi. Terdapat dua jenis nutrisi penting bagi pertumbuhan jaringan otak yaitu neurotransmitter dan enzim. Susu dan yogurt mengandung protein dan karbohidratnya sekaligus menjadi sumber energi bagi otak.

Demikianlah ulasan mengenai 10 makanan yang dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, semoga bermanfaat.

10 Makanan Yang Dapat Meningkatkan Daya Ingat Dan Konsentrasi 0 komentar add one

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.